Minggu, 24 Juni 2012

MEMBANGUN TELE MARKETING BAGI UMKM


                                         MEMBANGUN    TELE   MARKETING  BAGI  UMKM

Tele  marketing  / pemasaran  jarak  jauh     adalah  trend   baru   masa  depan . Dengan  kemajuan  tehnologi   informasi   saat  ini   memungkinkan  pemasaran   jarak  jauh  ini  bisa   dilakukan.  Pihak  penjual/ penyedia  jasa   menyediakan   sumber  informasi    melalui   :  Web  ,  Blog  , Social  media , dan  lain lain.
Calon  konsumen  setelah  mendapat  informasi  dari  apa  yang  mereka   butuhkan, mencari  tahu  lebih  rinci kepada  penjual  /penyedia  jasa  melalui  phone  , email  , dll
Prospek  untuk  beberapa  tahun  kedepan  hal  seperti  ini  akan  banyak  berkembang  dan  menjadi  kebutuhan  mendasar  untuk  bisnis  masa  depan , karena  berbagai  manfaat  :
1.Mendekatkan  antara  produksen  dengan  konsumen , atau  dapat  memotong  rantai  distribusi  yang    panjang  menjadi  lebih  pendek , sehingga  harga  suatu  produk  yang  dulunya  tinggi  akan  dapat  di kurangi    karena   terpangkasnya  rantai  distribusi.
2. Memungkinkan  terjadinya  direct  selling  antar  produksen  dengan  konsumen  akhir.
3.Dapat  memperluas  jangkauan  pemasaran , Yang  dulunya  tidak  tersentuh  system  distribusi  konvensional   dapat  terjadi  interaksi.

Perkembangan  Tehnologi  informasi  ini  tentunya  menjadi  sebuah  peluang  bagi  UMKM  Yang  notabene  tidak  mempunyai    manajemen   marketing  yang  terpadu   seperti   perusahaan  besar, sehingga  akan  meningkatkan  daya  saing  UMKM   di  pasar  global.

Manfaat  bagi  pedagang  Eceran /Ritail
1.       Dapat  memperoleh  harga  termurah / produksen  plus  ongkos  kirim.   Jadi  akan  meningkatkan  daya  saing  di wilayahnya   karena  penetapan  harga  yang  kompetetif.
2.       Dapat  memesan  produk  eksklusif   kepada  produksen  langsung,  sehingga  kebutuhan  di suatu  wilayah  dapat  tercukupi / terpecahkan.

Kendala  yang   dihadapi  :
1.       Sulitnya  membangun  kepercayaan
Pihak  pembeli  sulit  percaya  karena  tidak  pernah  bertemu  , demikian  juga  pihak  penjual.


Solusi :   Perlu  adanya  pihak  ketiga  yang bisa  menjembatani   kedua  belah  pihak  seperti ;  REK BER .
Alangkah  baiknya   kalau  pihak  pemerintah   menjembatani  melalui  BUMN   yang  telah  ada  di berbagai  pelosok  nusantara    seperti  ; PT  pos   ,  perum  Pegadaian   membuka  jasa    E-commmerce /jasa  rekber  ini.
2.        Banyaknya  penipuan  di dunia  maya , menjadikan  orang  takut  bertransaksi  jarak  jauh,  Biarpun  tidak  di pungkiri   masih  banyak  pelaku  ekonomi  yang  jujur.
3.       Perlu adanya  pihak  ketiga  yang  terpercaya   selaku  badan  inspeksi  mutu, sehingga  barang  yang  terkirim  harus  sesuai  dengan  nota  pemesanan/ PO.
4.       Belum  adanya  katalogisasi   produk  UMKM   guna  menjelaskan  secara  rinci  mengenai  produk yang ditawarkan, sehinggga  memudahkan  pihak  pembeli  untuk  mempelajari dan  membayangkan  barang  yang  di perjual  belikan.
5.       Sulitnya  mencari   jasa  ekspedisi   yang  dapat  melayani  seluruh  pelosok  Nusantara , sebab  tidak  adanya  perwakilan  di setiap  kota  kecamatan.
Pt. Pos   satu  satunya  yang  dapat  menembus  seluruh pelosok  Nusantara, masih  terhitung  mahal  tarifnya, sehingga  tidak  cocok  untuk  barang –barang   komoditas   umum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar